Rabu, 25 Maret 2015

tutorial microsoft excel



Tutorial Dasar Cara Belajar  Microsoft Excel 2010. Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk melakukan operasi perhitungan serta dapat mempresentasikan data kedalam bentuk tabel.

Sebelum memulai bekerja di Microsoft Excel terlebih dahulu mengenal fitur-fitur apa saja yang terdapat pada Microsoft excel. Dengan tujuan agar nantinya dapat dengan mudah belajar dan memahami fungsi dan kegunaannya. Disini sampul ilmu mengunakan Microsoft excel 2010 

Sebagai contoh. Anda diminta untuk memasukkan data dalam Excel 2010, tapi anda belum pernah bekerja dengan Excel. Dari manakah anda memulai. Dari penjelasan diatas maka sampul ilmu berbagi sedikit pengetahuan tentang Tutorial Dasar Cara Belajar  Microsoft Excel 2010.

Fitur-Fitur utama Microsoft Excel 2010

Judul
Judul menampilkan nama file program dan dokumen dari lembar kerja yang aktif.

File Menu
File Menu berisi informasi serta pengoperasian Program yang berupa kumpulan barisan perintah standar seperti Save (menyimpan), Save As (menympan data Baru), Open (Membuka), Close (keluar dari halaman kerja),info (informasi tentang Dokumen), Recent(kumpulan File atau Folder yang sebelumnya telah dibuka), New (Membuat Dokumen Baru), Print (mencetak) Save & Send ( menyimpan data bentuk PDF atau mengirim fille via email), help (bantuan), option (halaman Pengaturan) dan exit (keluar Dari Program)

Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar berfungsi untuk mempercepat akses dalam melakukan perintah di Microsoft excel contoh seperti, save, undo, redo, open recent file dll. Anda juga dapat menambahkan sesuai dengan keinginan.




Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi
untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.



Minimize The ribbon
Berfungsi untuk menyembunyikan toolbar

Microsoft Excel Help
Berfungsi untuk bantuan jika ada pertanyaan dengan cara pertanyaan anda maka Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.

Minimize Window
Menutup lembar atau halama kerja 

Restore Window
Mengubah bentuk ukuran halaman kerja 

Close Window
Menutup halaman kerja 




Lembar Kerja (Workbook)
Halaman ini berisikan informasi halaman, seperti cell, kolom, baris, name box, formula bar, sheet, Costumize Status Bar 



  1. Cell, Penggabungan antara baris dan kolom pada lembar kerja.
  2. Column adalah kotak atau kolom yang ditandai dengan Huruf Jumlah kolom yang tersedia yaitu sekitar 256 kolom.
  3. Row adalah baris yang ditandai dengan Angka
  4. Name box, adalah untuk menampilkan nama cell
  5. Formula bar,  adalah tempat untuk menuliskan rumus fungsi atau menampilkan isi dari cell
  6. Sheet, adalah nama dari lembar atau halaman kerja

Costumize Status Bar 
Costumize Status bar berisi informasi atau fungsi seperti Normal, page layout, page break privew, memperbesar dan memperkecil lembar kerja

sumber: http://lembar200.blogspot.com/2014/08/tutorial-dasar-cara-belajar-microsoft-excel-2010.html

1 komentar:

  1. Koreksi

    1. Artikel masih kurang dari 500 kata,, mohon ditambahkan lagi artikelnya sedikit lebih panjang. Tambahi artikelnya atau buat judul lain yang masih dalam topik microsoft exel

    2. Tutorial, harunsya berisi langkah-langkah dalam menggunakan microsoft exel,, dan bisa dimasukkan gambar untuk memperjelas penjelasan yang ada

    Terima Kasih

    BalasHapus